Profil dan Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia

Profil dan Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia - Seperti pada judul yang sedang anda baca diatas, Blog yang membahas seputar Profil dan Biodata Artis Indonesia ini menyajikan beberapa biodata lengkap dan terbaru artis-artis Indonesia serta yang senang atau gemar membaca profil dan biodata Artis Idolanya seperti Profil dan Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia yang sedang Anda baca saat ini yang disajikan oleh Biodata Artis. Dibawah ini adalah Profil dan Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia sosok Artis asal Indonesia lengkap beserta Agama, Karir, Pendidikan, Akun Twitter, Instagram, Foto dan profil pribadinya yang terbaru dan terlengkap.

Profil dan Biografi Lengkap Soekarno

Nama Lengkap Koesno Sosrodiharjo
Nama Lain Soekarno, Bung Karno, Pak Karno
Tanggal Lahir 6 Juni 1901
Tempat Lahir Surabaya, Jawa Timur
Tanggal Meninggal 21 Juni 1970
Tempat Meningal Jakarta, Indonesia
Zodiak Gemini
Pekerjaan Proklamator, Presiden RI 1, Pahlawan Nasional
Kewarganegaraan Indonesia
Agama Islam

Biografi dan Karir Soekarno

Ir. H. Soekarno lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi Sosordihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Ir. H. Soekarno lahir dari kalangan yang bisa dibilang cukup mampu. Karena orang tuanya adalah seorang guru yang memiliki pengaruh yang sangat besar. Soekarno menempuh pendidikan dasar di Mojokerto dan setelah itu melanjutka pendidikan menengahnya di Surabaya. Di Surabaya Soekarno banyak mengenal tokoh yang memiliki jiwa reformasi dan berjuang untuk kemerdekaan indonesia. Setelah lulus dari sekolag menengah Soekarno melanjutkan pendidikannya ke Bandung. Pada zaman itu kampus yang dipilih adalah sekolah teknik belanda atau yang saat ini lebih umum disebut dengan ITB.

Setelah menempuh pendidikan tinggi, Soekarno menjadi sadar untuk lebih fokus membantu perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Soekarno berjuang keras dalam perjuangannya da membuatnya harus sering berhadapan dengan hukum. Namun usahanya tersebut tidak sia-sia terbukti nama Soekarno berperan penting dalam proses kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah Belanda. Ia adalah Proklamator Kemerdekan indonesia bersama dengan Mohammad Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia juga yang menemainya. Selain itu Soekarno juga menjabat sebagai Presiden Indonesia yang pertama. Setelah menjadi presiden Ir. Soekarno fokus untuk membangun citra RI di mata dunia.

Semasa menjadi presiden Soekarno memberikan perngaruh yang cukup banyak terhadap karya arsitektur. Perjalanan yang dilakukannya secara maraton dari bulan Mei sampai juli ke negara-negara Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman Barat dan Swiss membuat cakrawala alam pikir Soekarno semakin kaya dalam menata Indonesia secara holistik dan menampilkannya sebagai negara yang baru merdeka. Setelah pulang Ir Soekarno membidik Jakarta sebagai wajah Indonesia terkait beberapa kegitatan berskala Internasional yang diadakan di kota itu, selain itu beliau juga merencanakan sebuah kota sejak awal yang diharapkan sebagai pusat pemerintahan pada masa datang. Beberapa karya memang dipengaruhi oleh Soekarno atau atas perintah dan koordinasinya dnegan beberapa arsitek seperti Frederich Silaban dan R.M. Soedarsono dibantu dengan beberapa arsitek junior untuk visualisasi. Berikut beberapa desain arsitektural juga dibuat melalui sayembara.

  • Masjid Istiqlal 1951
  • Monumen Nasional 1960
  • Gedung Conefo
  • Gedung Sarinah
  • Wisma Nusantara
  • Hotel Indonesia 1962
  • Tugu Selamat Datang
  • Monumen Pembebasan Irian Barat
  • Patung Dirgantara
  • Tahun 1955 Ir. Soekarno menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci dan sebagai seorang arsitek, Soekarno tergerak memberikan sumbangan ide arsitektural kepada pemerintah Arab Saudi agar membuat bangunan untuk melakukan sa’i menjadi dua jalur dalam bangunan dua lantai. Pemerintah Arab Saudi akhirnya melakukan renovasi Masjidil Haram secara besar-besaran pada tahun 1966, termasuk pembuatan lantai bertingkat bagi umat yang melaksanakan sa’i menjadi dua jalur dan lantai bertingkat untuk melakukan tawaf 
  • Rancangan skema Tata Ruang Kota Palangkaraya yang diresmikan pada tahun 1957
Penghargaan yang diraih Ir. Soekarno
  • Gelar Doktor Honoris Causa dari 26 universitas di dalam dan luar negeri. Perguruan tinggi dalam negeri yang memberikan gelar kehormatan kepada Soekarno antara lain Universitas Gajah Mada (19 September 1951), Institut Teknologi Bandung (13 September 1962), Universitas Indonesia (2 Februari 1963), Universitas Hasanuddin (25 April 1963), Institut Agama Islam Negeri Jakarta (2 Desember 1963), Universitas Padjadjaran (23 Desember 1964), dan Universitas Muhammadiyah (1 Agustus 1965). Sementara itu, Universitas Columbia (Amerika Serikat), Universitas Berlin dan Universitas Heidelberg (18 Juni 1956, Jerman), Universitas Lomonosov (Rusia) dan Universitas Al-Azhar (Mesir) merupakan beberapa universitas luar negeri yang menganugerahi Soekarno dengan gelar Doktor Honoris Causa.
  • Pada bulan April 2005, Soekarno yang sudah meninggal selama 35 tahun mendapatkan penghargaan dari Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki. Penghargaan tersebut adalah penghargaan bintang kelas satu The Order of the Supreme Companions of OR Tambo yang diberikan dalam bentuk medali, pin, tongkat, dan lencana yang semuanya dilapisi emas. Soekarno mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai telah mengembangkan solidaritas internasional demi melawan penindasan oleh negara maju serta telah menjadi inspirasi bagi rakyat Afrika Selatan dalam melawan penjajahan dan membebaskan diri dari apartheid. Acara penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Kantor Kepresidenan Union Buildings di Pretoria dan dihadiri oleh Megawati Soekarnoputri yang mewakili ayahnya dalam menerima penghargaan. Penghargaan lainnya Bintang Mahaputera Adipurna (1959), Lenin Peace Prize (1960), Philippine Legion of Honor (Chief Commander, 3 Februari 1951)

Kumpulan Foto Soekarno

Tidak lengkap rasanya jika membahas Profil dan Biodata Soekarno tanpa meyertakan foto-foto nya. Berikut beberapa kumpulan foto dari berbagai sumber :







Seperti itulah informasi terbaru dan terlengkap seputar Profil dan Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia yang banyak disenangi dan diidolakan di Indonesia. Nah, bagaimana menurut Pembaca mengenai profil dan biodata artis yang satu ini? Seperti yang telah admin hadirkan di atas semoga dapat memberikan informasi seputar Profil dan Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia kepada pembaca. Silahkan melihat profil dan biodata artis lainnya yang telah Admin sediakan di blog ini atau anda dapat melihat sesuai kategori artis yang ada dibawah ini. Terima kasih..