Profil dan Biodata Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta

Profil dan Biodata Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta - Seperti pada judul yang sedang anda baca diatas, Blog yang membahas seputar Profil dan Biodata Artis Indonesia ini menyajikan beberapa biodata lengkap dan terbaru artis-artis Indonesia serta yang senang atau gemar membaca profil dan biodata Artis Idolanya seperti Profil dan Biodata Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta yang sedang Anda baca saat ini yang disajikan oleh Biodata Artis. Dibawah ini adalah Profil dan Biodata Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta sosok Artis asal Indonesia lengkap beserta Agama, Karir, Pendidikan, Akun Twitter, Instagram, Foto dan profil pribadinya yang terbaru dan terlengkap.



Profil dan Biodata Anies Baswedan 

Nama Lengkap Anies Rasyid Baswedan
Tempat Tanggal Lahir Kuningan , 7 Mei 1969
Agama Islam
Orang Tua Rasyid Baswedan/ Aliyah Rasyid
Saudara  Abdillah Rasyid Baswedan dan Ridwan Rasyid Baswedan
Istri  Fery Farhati Ganis 

Biografi dan Karir Anies Baswedan 

Anies Baswedan merupakan salah satu tokoh politik di Indonesia yang namanya kini sudah tak asing lagi. Seperti yang kita ketahui Anies Baswedan sempat menjdai rektor Paramadina, Menteri Pendiridak pada masa kepemimpinan Presidan Joko Widodo dan yang terkahir dan baru - baru ini adalah terilih untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta dan akan dilantik pada Oktober 2017 mendatang bersama wakilnya yang tak lain adalah Sandiaga Uno.

Anis Baswedan lahir pada 7Mei 1969 di Kuningan Jawa Barat dengan nama lengkap ANies Rasyid Baswedan. Semenjak lahir Anis memang sudah sangat mengenal lingkungan akademis karena memang keluarganya berlatar belakang akademis. Mengapa tidak Ayahanda Anies Baswedan sendiri adalah Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia yakni Drs Rasyid Baswedan. Sementara sang ibunda yakni Prof Dr. Aliyah Rasyid M.Pd adalah seorang Guru Besar dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Negeri Yogyakarta.

Anies Baswedan juga merupakan salah satu cucu dari pjuang pergerakan Indonesia dan sempat menjadi Menteri Penerangan pada awa kemerdekaan Indonesia yakni tak lain Abdurrachman Baswedan. Anis Baswedan sendiri memulai jenjang pendidikannya sejak umur lima tahun.  Anies Baswedan masuk ke sekolah TK di Masjid Syuhada di Kota Baru Yogyakarta. Kemudia diusianya yang keenam tahun Anies sudah mengenyam pendidikan SD di SD Laboratori Yogyakarta. Setelah SD kemudian Anies Baswedan melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri 5 Yogyakarta.

Kemudian Anies melanjutkan jenjang pendidikannya di SMAN 2 Yogyakarta. Saat di bangku SMA Anies Baswedan sudah menampakan bakat kepemimpinannya dengan menjdai ketua OSIS se Indonesia. Ketika menjadi ketua OSIS se Indonesia Anies Baswedan sempat menjadlai pelatihan kepemimpinan di Jakarta tepatnya pada September 1985.

Ketika dibangku SMA Anies Baswedan menjalani waktu pendidikan lebih dari 3 tahun. Hal ini lantaran ANies menjadi salah satu siswa yang berhasil mengikuti program AFS yakni ertukaran pealjar yang digelar leh Bina Antarbudata selama satu tahun lamanya di Milwaukee, Wisconsin, AMerika Serikat. Setelah berhasil menyelesaiakn pendidikan SMA nya , Anies langsung melanjutkan untuk berkuliah di Universitas Gajah Mada pada Fakulta Ekonomi. Semasa kulia Anies dikenal sebagai salah satu mahasiswa yang sangat aktif dibidang organisasi. Beberapa organisasi yang sempat diikuti oleh ANies Baswedan semasa kuliah diantaranya adalah HMI, Senat Mahasiswa UGM, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lulus dari UGM Anies langsung bekerja pada Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi yang ada di UGM juga. Bekerja di UGM ternyata mengantarkan dirinya untuk mendapatkan beasiswa Fuulbright untuk mengenyam pendidiakn master pada biang International Security and Economic Policy di Universitas Marylan yang terdapat di Collage Park. Saat mengambil beasiswa tersebut Anies Baswedan pun juga berhasil meraih beberapa penghargaan seperti William P. Cole III Fellow di Maryland School of Public Policy, ICF Scholarship, dan ASEAN Student Award.

Banyak sekali prestasi yang telah diraih oleh Anies semasa Kuliah diluar negeri. Setelah kembali dari luar negeri, Anies langsung bekerja sebagai National Advisor pada bidang desentralisasi dan otonomi daerah pada kemitraan bagi pembaruan Tata Pemerintah Jakarta pad atahun 2006-2007. Tak hanya itu Anies juga sempat menjadi seorang peneliti utama di Lembaga Survei Indonesia pada tahun 2005 - 2007.

Tepat pada 15 Mei 2007 Anies Baswedan resmi dilantik menjadi Rektor di Universitas Pramadina. Ketika dilantik menjadi rektor usia Anies Baswedan terbilang cukup muda yakni 38 tahun. Bahkan ketika itu Anies memecahan rekor menjadi salah satu rektor termuda yang ada di Indonesia.

Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh Indonesia yang mendapatkan berbagai macam penghargaan internasional. Anies merupakan satu - satunya orang Indonesia yang berhasil masuk pada daftar majalah Foreign Polycu yang diluncurkan pada April 2008. Nama Anies Baswedan disejajarkan dengan nama - nama tokoh dunia yang lainnya seperti Noam Chomsky, Shirin Ebadi, Al Gore , Muhammad Yunus dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tepat pada tahun 2014, Anies Baswedan dilantik menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh presidan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Ketika menjabat Anies merombak seluruh struktur organisasi yang terdapat pada kementrian Pendirdikan. Namun pada pertengahan 2016 Anies diberhentikan dari tugas Menteri Pendidikan dan digantikan oleh Muhadjir Effendy.

Namun karir Anies Baswedan tak berhenti sampai disitu saja. Setelah berhenti menjadi Menteri Pendidikan, ANies diusung oleh Partai Gerindra untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dan berpasangan dengan Sandiaga Uno. Kegigihanya dalam pemilu membuahkan hasil, dirinya terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 mengalahkan calon bertahan yakni Basuki Tjahaja Purnama.

Riwayat Pekerjaan  Anies Baswedan


  • Peneliti di Pusat Antar-Universitas Studi Ekonomi UGM
  • Manajer Riset IPC, Inc, Chicago, Amerika Serikat
  • Direktur Riset Indonesian Institute Center
  • Rektor Paramadina (2007-2015)
  • Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2014-2016)

Penghargaan Anies Baswedan 


  • The Golden Awards Rakyat Merdeka
  • Anugerah Integritas Nasional
  • Dompet Dhuafa Award 2013
  • Anugerah Hari Sastra Indonesia
  • Gerald Maryanov Award
  • 100 Intelektual Publik Dunia
  • Young Global Leaders
  • 20 Tokoh Pembawa Perubahan Dunia
  • PASIAD Education Award
  • Nakasone Yasuhiro Award
  • 500 Muslim Berpengaruh di Dunia

Kumpulan Foto Anies Baswedan 

Rasanya kini tidak akan menjadi lengkap apabila sudah membahas profil dan Biodata Anies Baswedan tanpa menyertakan foto - foto dari tokoh Indonesia yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa kumpulan foto dari berbagai sumber baik dari media online maupun instagram dari Anies Baswedan.






Seperti itulah informasi terbaru dan terlengkap seputar Profil dan Biodata Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta yang banyak disenangi dan diidolakan di Indonesia. Nah, bagaimana menurut Pembaca mengenai profil dan biodata artis yang satu ini? Seperti yang telah admin hadirkan di atas semoga dapat memberikan informasi seputar Profil dan Biodata Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta kepada pembaca. Silahkan melihat profil dan biodata artis lainnya yang telah Admin sediakan di blog ini atau anda dapat melihat sesuai kategori artis yang ada dibawah ini. Terima kasih..